[Buku Baru] Kitab Radja-Ratoe Alit ~ Antologi Puisi 50 Penyair Indonesia

TERBIT 17 AGUSTUS 2011

 

Kado Untuk Republik:

Kitab Radja-Ratoe Alit ~ Antologi Puisi Alit 50 Penyair Indonesia

Tim Editor: Adri Darmadji Woko, Dharmadi,  Kurniawan Junaedhie & Rahadi Zakaria

Pemrakarsa: Prof. Dr. Prijono Tjiptoherijanto

Perancang Sampul: Hapsoro Ardianto

Tebal  550 halaman. Hard Cover.

Puisi alit adalah puisi pendek yang hemat kata, dan bebas dari berbagai aturan  seperti, misalnya,  haiku yang mengharuskan menggunakan kaidah-kaidah tertentu. Kitab Radja – Ratoe Alit menghimpun 750 puisi alit dari 50 penyair  dari berbagai generasi di Indonesia.  Para penyair yang termaktub dalam antologi ini datang dari berbagai kalangan.  Ada birokrat, wakil rakyat, guru, dosen, pegawai negeri sipil, pengusaha, ibu rumah tangga, profesor, doktor, dokter, pelukis, wartawan, aktivis, penyair beneran, sampai  pengangguran.

50 penyair yang karyanya  dimuat dalam kitab ini adalah: Aant S. Kawisar, Acep Zamzam Noor, Adri Darmadji Woko, Ana Mustamin, Anisa Afzal, Ariana Pegg, Arieyoko, Bambang Set, Beni Setia, Boedi Ismanto S.A., B. Priyono Soediono, Dharmadi, Dharnoto, Diah Setyowati, Dimas Arika Mihardja, Eka Budianta, Enthieh Mudakir, F. Rahardi,  Gunoto Saparie, Handrawan Nadesul, Haryono Soekiran, Hendro Siswanggono, Hendry Ch. Bangun, Imelda Hasibuan, Irfan Firnanda, Isbedy Stiawan Z.S., Kurniawan Junaedhie, Linda Djalil, L.K. Ara, Kardy Syaid, Medy Lukito, Mustofa W. Hasyim, Nia Samsihono, Nurochman Sudibyo Y.S., Oei Sien Tjwan, Prijono Tjiptoherijanto, Pringadi Abdi Surya, Rahadi Zakaria, Rita Oetoro, Rita Sujono, Shinta Miranda, Slamet Riyadi Sabrawi, Soesi Sastro, Susy Ayu, Sutirman Eka Ardhana, Soni Farid Maulana, Wahyu Wibowo, Weni Suryandari, Wilu Ningrat & Yvonne de Fretes. Plus tiga penyair tamu: Taufiq Effendi, Sri-Edi Swasono Nitidiningrat dan Sundari.

KOMENTAR KRITISI:

Melani Budianta, Guru Besar Ilmu Susastra FIB-UI: “Kitab Radja-Ratoe Alit mengingatkan kita pada esensi puisi sebagai seni olah kata untuk menghadirkan berbagai nuansa indera, emosi, dan pikiran seefektif mungkin.  Dalam buku ini dirayakan pengalaman keseharian orang kebanyakan, dari yang sakral sampai yang banal, dari sindiran politik, renungan kematian sampai plesetan dan guyonan. Kitab Radja-Ratoe Alit menyenangkan untuk dibaca justru karena keseriusannya untuk bermain-main dengan kata.”

Seno Gumira Adjidarma, Sastrawan, Fotografer dan Kritikus Film: “Puisi-puisi pendek penting untuk masa kita, karena meskipun sangat pendek, berpeluang mencerahkan kita di celah pergulatan hidup yang meletihkan jiwa.”

 

Cunong Nunuk Suraja, Pengajar FKIP ~ Universitas Ibn Khaldun Bogor: Kitab Radja Ratoe Alit akan melanjutkan pencatatan jejak kreativitas penyair Indonesia di masa datang.”

Khusus Fesbuker (pembeli melalui Facebook), harga Rp.105.000,- (harga sudah diskon 30%  dari harga jual Rp.150.000,- di TB Gramedia & belum termasuk ongkos kirim). Pembayaran ke No.Rek kami: BCA Cikokol 868-054-5635, a/n. Kurniawan Junaedhie. Pesan sekarang dengan mencantumkan nama dan alamat di inbox Kosakatakita Penerbit


Tinggalkan komentar