Penjelasan Logo

DUA SAYAP MEMBENTANG.

Sayap pada logo ini diambil dari sayap bangau. Bangau dibanyak kebudayaan Asia berarti kemauan keras dan kehormatan. Tampak membentang adalah simbolisasi dari kekebasan. Jadi “dua sayap bangau membentang” berarti kebebasan yang diperoleh dan dijalani dengan penuh kehormatan. Tidak asal bebas, namun juga bertanggungjawab.

SERIGALA PUTIH.

Serigala Putih adalah perlambang dari kebijaksanaan. Pada suku Indian, Serigala Putih adalah hewan yang sangat dihormati karena mewakili sifat bijaksana di alam. Demikian pula kehormatan melekat pada hewan ini di hampir semua kebudayaan eropa timur, mereka sangat menghormati Serigala Putih karena melambangkan kecerdasan. Tetapi yang paling penting dari simbolisme hewan ini adalah semangatnya (Spirit of Wolf : Kuat Tanpa Kesalahan, Mencintai Tanpa Rasa Ragu).

TAMENG.

Tameng, sebagaimana tujuan benda ini dibuat adalah untuk alat pertahanan. Tameng selalu berguna untuk menetralisir serangan lawan, meredamnya sama kuat ketika serangan itu datang, bahkan dapat digunakan sebagai senjata.

PITA.

Melambangkan ikatan terhadap kebebasan, pengetahuan, dan kebenaran yang terus-menerus.

PENA TIGA WARNA.

Pena sebagai alat tulis, yang memiliki tiga warna sebagai simbol kultur literatur yang tidak berbatas.

TULISAN TANGAN.

Tulisan tangan “Indonesia Freedom Writers” melambangkan harmonisasi.