Tentang IFW

THE INDONESIAN FREEDOM WRITERS

THE INDONESIAN FREEDOM WRITERS adalah grup yang dimiliki oleh penulis-penulis progresif dan independen, termasuk Anda. Siapapun Anda, jika mensukai dunia tulis-menulis, boleh bergabung di dalam panel penulis ini.

Tema tulisan Anda boleh apa saja; POLITIK, EKONOMI, SOSIAL, LINGKUNGAN, SASTRA, KESENIAN, KEBUDAYAAN, HUMANIORA, SEJARAH. Serius atau sekadar santai, silahkan memotret apa saja dalam tulisan Anda, pun baik kejadian terkini, atau yang lampau.

Ruang lingkup tulisan Anda pun boleh berkaitan dengan isu-isu nasional, atau pun isu-isu di daerah Anda. Bebaskan fikiran Anda, dan menulislah.

Dalam bentuk apa saja, baik; KOLOM, ESSAY, HASIL PENELITIAN, HASIL DISKUSI & PERDEBATAN, FEATURE, OPINI, CERITA PENDEK, PUISI, SAJAK, SYAIR, INTISARI NOVEL, TEENLIT, CHIKLIT, RESENSI BUKU, ORASI KEBUDAYAAN, ULASAN SENI DAN SASTRA, POLEMIK, DAN TESTIMONI, hingga ANTITESIS MENGENAI TULISAN lainnya. Bebas saja, tak ada patron yang akan membatasi Anda.

Dengan demikian, Anda telah mengetahui apa arti “FREEDOM” dari nama grup ini. Secara sederhana; Anda bebas menentukan tema dan bentuk tulisan Anda.

————————————————————————————–

INILAH BATASAN DARI “FREEDOM” ITU.

Anda dapat mengkritik sebuah kebijakan pemerintah sekalipun dengan kerangka fikir yang JELAS, LOGIS dan TERUKUR. Kendati demikian buah fikir yang nyeleneh, unik, bolehlah. IDE DAN GAGASAN Anda akan menemukan esensinya jika Anda dapat menulis sesuatu dengan “JUJUR DAN BERTANGGUNG JAWAB”.

Sebuah TULISAN dapat ikut MEMPENGARUHI KEBIJAKAN yang BERDAMPAK BESAR BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT LUAS. Jadi, tak perlu menunggu lagi…menulislah.

Grup ini adalah juga ajang tukar pengalaman, ide dan gagasan. PARA PENULIS PEMULA DAPAT MEMPERKAYA PENGETAHUAN TULIS-MENULIS DARI PARA PENULIS KAWAKAN & PROFESIONAL yang juga bergabung dalam Grup ini.

Sebaliknya, PARA PENULIS KAWAKAN & PROFESIONAL dapat MEMBERI MASUKAN PADA PARA PENULIS PEMULA, TENTANG SEGALA HAMBATAN TEKNIS DAN NON-TEKNIS DALAM MENULIS.

Intinya, bagaimana seseorang dapat mengapresiasi ide, gagasan dan pengalamannya dalam bentuk tulisan yang dapat dibagi pada semua orang. Grup ini hanya mencoba membuka jalan bagi kesulitan para penulis menembus ketatnya media mainstream, yang malah justru menjadi penghambat utama berkembangnya sebuah ide dan gagasan.

Grup ini dapat pula disebut panel penulis (yah…mirip-miriplah..The American Scientific Journal yang memuat hasil penelitian para peneliti kemudian diterbitkan di kalangan peneliti).

Cukup kirimkan (posting/tag) tulisan Anda di dinding Grup yang juga ada di Facebook ini (tentunya Anda harus menjadi anggota Grup dulu), atau kirimkan tulisan Anda ke alamat e-mail ini (…..), maka Anda telah membagi pengalaman, membagi ide, membagi gagasan Anda kepada kawan-kawan penulis lainnya. Sederhana, bukan?

Grup ini pun dapat dimanfaatkan para PENERBIT untuk mencari penulis dan bahan tulisan untuk penerbitan mereka. Para Penerbit dan Penulis dapat pula mempromosikan buku terbaru mereka dalam Grup ini. Silahkan, bebas saja.

Tulisan-tulisan dalam grup ini dapat diposting secara bebas, asal tidak menghujat, menghina & porno.

Tulisan yang mengandung kritik yang pedas sekalipun boleh, asal dengan tujuan yang konstruktif. Administrator Grup akan dengan ketat mengawasi setiap “tindakan tak bijaksana” para penulis di grup ini. Administrator Grup tak punya hak mengedit tulisan Anda, kecuali memberi saran agar tulisan Anda dicabut dahulu, atau di pending dalam bentuk draf, sebelum dibagi pada semua kawan-kawan dalam jaringan, dan jaringan lainnya yang lebih luas.

Menulislah… Menulislah… Menulislah… lalu, Membacalah… membacalah… membacalah… karena dapat membantu Anda dalam Menulis.

TAK PERLU RISAU APAKAH TULISAN ANDA TIDAK SESUAI DENGAN TEKNIS DAN KAIDAH PENULISAN YANG BAKU. Kaidah-kaidah itu—kendati memang perlu—jika akan menghambat maksud dan tujuan yang akan Anda sampaikan dalam tulisan, maka abaikanlah.

Sampaikan ide dan gagasan Anda, sehingga Anda didengarkan.

Maka, dengan takzim, Administrator Grup, mengucapkan…


SELAMAT BERGABUNG…SELAMAT MENULIS DAN BERINTERAKSI DENGAN PENULIS LAINNYA.

Salam.

Founder IFW

Iklan