Kebijakan

KEBIJAKAN

THE INDONESIAN FREEDOM WRITERS

Untuk masuk dalam daftar panel penulis, minimal seorang penulis telah memposting tiga tulisannya (dalam bentuk apapun).

Panel penulis akan diperbaharui setiap pekan.

Setiap penulis boleh menulis apa saja, tentang isu apa saja, menyoroti apa saja. Batasannya hanyalah; tulisan tersebut harus ditulis dengan jujur dan bertanggungjawab. Tidak boleh menghujat, menghina, tidak porno, mempropaganda, dan bertendensi keras terhadap suku-agama-ras (SARA).

Tulisan Anda akan menemukan esensinya jika Anda dapat menyajikannya dengan jujur dan bertanggungjawab.

Tidak boleh plagiat. Saduran dan terjemahan, boleh, selama telah mengikuti aturan dan kaidah penyaduran dan penerjemahan yang berlaku umum.

Bagi penulis yang memposting tulisannya yang sedianya dimaksudkan untuk sebuah buku; hendaknya hanya menuliskan resensi, atau prolog, atau intisari dari bukunya itu. Posting pula gambar sampulnya (jika telah ada). Hal ini untuk menghindari menyabotan terhadap kepentingan Anda dan kepentingan penerbitan Anda. Dan juga agar terhindar dari bentuk pembajakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Administrator blog IFW akan sangat memperhatikan hal ini.

Bagi kawan-kawan penulis buku, novelis, dan penyair yang bermaksud agar karyanya mendapat perhatian dan apresiasi dari para penerbit, hendaknya pula memperhatikan dengan bijaksana hal tersebut, untuk menghindari kerugian bagi Anda (dan pihak penerbit Anda kelak), jika suatu hari, buku atau novel Anda diterbitkan.

Sebab blog The Indonesian Freedom Writers ini akan dengan teratur memberitahukan pada rekan-rekan penerbit dan para pembaca tulisan Anda, baik menggunakan fasilitas tautan, RSS atau fasilitas feed.

ADA BEBERAPA CARA TULISAN ANDA TERBACA DALAM BLOG GRUP INI.

Pertama; Admin IFW akan mem-posting material tulisan kawan-kawan yang telah tergabung dalam grup ini di jejaring Facebook.

Kedua; Admin IFW akan memasukkan tulisan-tulisan yang terbaru sesuai isu kekinian.

Ketiga; penulis mem-posting sendiri tulisannya, ke grup IFW yang hendak di-sharing ke penulis lainnya.

Keempat; Admin IFW akan mengundang penulis untuk memasukkan tulisannya ke blog ini.

Indonesian Freedom Writers, baik dalam blog ini, atau pada grup di jejaring Facebook, hanyalah sarana bagi kawan-kawan penulis untuk bertukar pengalaman, ide dan gagasan melalui tulisan-tulisan mereka. Makanya, sifat grup ini sangat terbuka. Selain itu, grup ini hendak ikut membantu menyebarluaskan ide, gagasan dan pengalaman kawan-kawan penulis (walaupun kawan-kawan penulis sudah memiliki blog atau situs pribadi).

Indonesian Freedom Writers boleh dijadikan sarana promosi bagi tulisan atau buku kawan-kawan penulis. Grup ini tidak menjanjikan hal-hal hebat, kecuali bahwa kawan-kawan penulis pemula bisa belajar dari para penulis kawakan dan professional, sekalipun hanya melalui tulisan.

Mereka belajar, mereka menimba pengetahuan tulis-menulis dari Anda, para penulis professional.

Iklan