Mappajarungi Manan

Penulis yang meraih gelar Master Komunikasi dari Universitas Pandjajaran, Bandung, ini sejatinya adalah wartawan. Karir kewartawananya dimulainya sejak muda, dengan menjadi wartawan di Media Indonesia. Selanjutnya, wartawan senior ini, bergantian menjajal sejumlah media dengan karateristik berbeda; Harian Umum Pelita, Sinar Harapan, Majalah GATRA, dll.

Sifatnya yang ramah, dan gemar berkelakar, ternyata tidak membuat tulisan-tulisannya lemah. Pria yang juga senang berpetualang di alam bebas dan menyukai perjalanan ini, sering membuat orang terkejut dengan ide dan gagasannya. Inilah yang sedikit banyak mempengaruhi gaya penulisannya yang lebih kerap keras itu. Jika ada sesuatu yang menarik perhatiannya, dimana pun dan dalam kondisi apapun, pasti ditempuhnya, demi memperoleh kisah yang dia inginkan.

Kritikus yang serius, kawan yang ramah, teman yang sepadan, dan pecinta keindahan ini, adalah salah seorang pendiri AJI Biro Kendari, lalu menjabat sebagai sekretaris di lembaga itu. Dia membidani kelahiran sejumlah media yang keras dan independen di awal-awal jaman reformasi, baik di Kendari maupun di Jakarta.

Tinggal cukup lama di Zimbabwe, siapapun yang baru mengenalnya akan segera akrab dengannya. Tulisannya bernas, lugas, kadang menyentil dengan jenaka. Perhatikanlah satu hal ketika Anda bertemu dengannya, dia akan selalu mengucapkan kata ini: “Ayo…tersenyumlah.”

Mappajarungi Manan dapat dikunjungi di blog pribadinya: http://www.mappajarungi.multiply.com/, http://www.africaindonesia.blogspot.com

Tulisannya:

April 2010

Benarkah Aku Hidup di Indonesia

Perempuan

Mei 2010

Festival Dago: Tanpa Kebaya Dan Kelom Geulis

Daeng

Cape Town, Sepotong Surga di Ufuk Africa

Juli 2010

Orang Africa

Olah Raga di Zimbabwe

Laki-Laki dan Golf

Nilai Mata Uang Zimbabwe, Sekarat

Mabuk Seafood dan Mabuk Anggur

Surga di Ufuk Selatan Afrika

Perjalanan ke Benua Afrika

Raja Tega

Tamasya Ke Pretoria

Wisata di Sekitar Kota Harare

Zimbabwe: Sandra Ndebele’s Dance Group Set to Tour Russia

Voorijder

Maaf, Orang Bule Dilarang Masuk Baduy Dalam

Hiburan Malam di Harare

Harare City

Foto Bugil, Seni Atawa Porno?

Anakku dan Negeri Zimbabwe

Anak-Anak Tanpa Dosa Menanti Ajal

Agustus 2010

Mata Uang Tertinggi di Dunia

Nama Buat Buah Hati, Apalah Artinya