[Buku Baru] Surat dari Matahari

SURAT DARI MATAHARI

Sebuah Antologi Sajak

Karya : Syaifuddin Gani
Desain Sampul : T. Ramadhan Bouqie
Visual Isi : Tim KomodoBooks
Cetakan ke-1, April 2011 100 hlm. 14 x 20,5 cm
ISBN 978-602-95983-4-6
HARGA: Rp30.000.- (luar Kendari tambah ongkos kirim)

SURAT DARI MATAHARI Sebuah Antologi Sajak © Syaifuddin Gani
Hak cipta dilindungi undang-undang. All right reserved.

Penerbitan antologi ini berkat kerja sama HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI) KOMISARIAT SULAWESI TENGGARA dengan

PENERBIT PT KOMODO BOOKS

Jl. Pepaya Blok Q No. 9, Mekarsari, Depok, Indonesia Telp. 021-8715771 Faks. 021-8715771 Email: komodobooks@publicist.com

Sekilas Ulasan WAN ANWAR (Alm.)

Ada kegelisahan antara keberangkatan dan kedatangan. Orang datang dan pergi, beragam perjumpaan di sana terjadi, tetapi tidak untuk berhenti dan diam bermukim. Dalam situasi semacam itu, penyair menjalani bahasa sebagai sesuatu yang dimasuki dan dialami tapi sekaligus juga diciptakan: di luar sekaligus di dalam. Ia menjadi bahasa perjumpaan: bahasa selatan tenggara! Ia menjadi bahasa perjumpaan darat dan laut, pertanian dan pelabuhan, ketakjuban dan keganjilan. Kolaka memang merupakan tempat perjumpaan. Berbagai-bagai orang hadir di sana: Bugis, Makassar, Jawa, Minang, dan sebagainya. Berbagai profesi pun berbaur, mulai dari petani, nelayan, kuli pelabuhan, penambang, pedagang, hingga petualang.

Perjalanan adalah ihwal penting dalam sajak-sajak Syaifuddin Gani. Dari dermaga satu ke dermaga lain, dari pulau ke pulau, ia hijrahkan dirinya. Ia percayakan nasibnya kepada keberangkatan, perjalanan, dan kepulangan.

Dari segi makna referensial banyak sekali kota-kota, dan tempat-tempat yang disapa dalam sajak-sajaknya. Kota dan tempat-tempat itu tampaknya adalah tempattempat di mana diri Gani sendiri pernah menghijrahkan diri. Semua pengalaman perjalanan dan kepindahannya ia percayakan pada puisi dan kata untuk merekam semua pengalaman dan penghayatan pribadinya.

WASSALAM

Pemesanan :

Syaifuddin Gani ( HP: 0813.4167.7013)

Untuk pemesanan wilayah kota Kendari, selain dapat menghubungi nomor di atas, juga dapat datang langsung ke alamat : BTN Puri Tawang Alun 2 Blok H Nomor 11, atau di Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara.

Buku Surat dari Matahari juga sudah bisa dipesan via online di Gramedia Online


Tinggalkan komentar