Adilah Perwira Secantik Malam Itu, Kak Rangga

Oleh Afrilia Utami

 

[Untuk Rangga Umara]

Aku mengenalmu seperti mengenal pada malam

Di sebuah bukit hijau berambut ikal.

Pada malam itu mulanya aku dingin dan heran.

Tapi ada tubuhku menjadi satu dihangat malammu

Banyak suara asing yang buatku pusing

Dari gua-gua tertawa. Juga kelelawar yang lupa cara

Membangunkanku pada malam adamu.

 

Kak Rangga, melihatmu mengingatkanku pada seorang perwira pasukan pramuka tadi malam. Saat itu aku tertinggal rombongan. Ada seorang pemuda gagah menghampiriku. Pada malam masih menimang sebuah ketertinggalan ramai. Lalu dibuatkannya Api Unggun dengan reranting kering yang bergugur daun. Api unggun indah itu telah menyala, sangat unggun yang anggun. Perlahan kau berkata pelan, tepat memandang dua mataku seraya ingin mengajak keduanya berbicara “Jangan takut, Dik. Malam ini harimau dan beruang sudah pulas tertidur disebuah ladang nirwana. Dan aku akan menjagamu.”  Sampai sekarang aku terus membawanya pada jam-jam malam. Dimanapun aku berada, bukan pada hutan sekali itu saja. Atau hanya pada malam rimba ditengah tatapan gerhana.

 

Jadilah perwira itu sekali lagi, Kak Rangga. Aku ingin melihat malam berbeda dengan gulita. Yang setiap heningnya kaumelagu tanpa henti. “Prok…Prok…Prok” tepukan tangan dengan semangat kau jadikan kunci nada untuk mengiring nyanyian karena kaulupa membawa gitar tuamu. Lalu kaulahirkan unggun-unggun baru yang lebih anggun.  Tiba-tiba pula ada bau gosong, ranselku terbakar atau sengaja dijadikan bahan bakar. Kaumalah menjawabnya seolah memang tertakdir. “Itulah yang membuatnya lebih anggun.. “

 

[]

03 November 2010

Tinggalkan Balasan

