EAT PRAY LOVE = Everyone Has A Problem…

Oleh Very Barus

 

 

TADI malam gue nonton EAT PRAY LOVE. Bukan..bukan karena film yg diadaptasi dari novel besutan Elizabeth Gilbert dengan judul yang sama ini mengambil salah satu lokasi syuting di Bali. Melainkan karena gue emang pengen nonton saja.

Tapi, sebelum nonton gue BBM-an dengan teman2 gue. Beberapa diantara mereka bilang filmnya MEMBOSANKAN! Bahkan yang lebih parah ada yang nyuruh gue membawa bantal dan guling… wow! Bikin gue semakin maju tak gentar untuk menonton.

8:30 Malam…

Gue sudah duduk manis beserta teman2 untuk memantengin acting mbak Julia dan tante Chritine Hakim ini. Tanpa popcorn dan soft drink. Karena sesungguhnya gue sangat terganggu kalo ada orang nonton sambil ngunyah2 popcorn atau sejenis snack lainnya. Paling MENYEBAL KAN lagi, kalo pedagang Popcorn sekarang sudah keranjingan masuk ke dalam bioskop menjajakan snck dan soft drink…. Sangat2 mengganggu!

10 Menit pertama..

Gue memantengin acting ibu dua anak ini yang memerankan tokoh Elzabeth atau Liz (si penulis novel) yang gundah gelisah akan nasib perkawinannya yang tidak bahagia. Meski sesungguhnya Liz punya suami Stephen (Billy Crudup) yang setia dan baik hati. Tapi hatinya kosong dan bimbang…maka jalan terbaik adalah BERCERAI. Sampai akhirnya Liz mencari kebahagiaan semu dengan bercinta dengan pria lain, David (James Franco), seorang actor panggung dan juga guru Yoga. Berharap bisa menentramkan hatinya. Namun, Liz tidak menemukan kebahagiaan itu di hati David. Maka hubungan tanpa status itu pun bubar. Namuna David member recomendasi agar bermeditasi ke India untuk mencari keseimbangan hidupnya.(sambil memberikan nama guru meditasi di India)

Tapi, ditengah kebimbangan hidup, Liz akhirnya memutuskan ingin berpetualang ke 3 negara yaitu ITALI-INDIA dan BALI. Orang bule selalu beranggapan kalau BALI salah satu Negara bukan pulau.meski sesungguhnya seharusnya ITALI- INDIA dan INDONESIA (BALI)

ITALI

Selain Negara yang romantic, menurut Liz, bahasa Itali juga seksi. Juga makanan2 di Itali juga menggugah selera makannya yang sudah lama sirna. Liz bisa makan sepuas2nya di Itali tanpa memikirkan melonjaknya berat badan. Pizza, Paggeti, pasta, ice cream dan semua makanan lezat masuk ke temboloknya. Dan Liz benar2 menyukai hidup di Itali. Apalagi ketika dia bertemu dengan teman barunya disana. Liz menemukan keharmonisan kekeluargaan yang kental di Itali.

Meski ada yang tidak singkron pada saat syuting di Itali. Terlihat keteledoran saat Liz menemani dua teman prianya sedang cukur jambang dan rambut. Ketidak telitian tersebut terlihat saat mereka selesai cukur jambang dan kumis, eh, saat adegan di jalan jambang dan kumis sahabat prianya masih terlihat lebat. Padahal mereka baru selesai cukuran dan potong rambut di barbershop!

INDIA

Meski banyak yang bilang saat adegan di india sangat membosankan, justru gue merasa aman-aman saja tuh mengikuti adegan demi adegan. Melihat kepanikan Liz saat tiba di india yang terkenal dengan HIRUK PIKUK-nya kehidupan di India. Juga saat kulitnya bentol2 karena digigit nyamuk. Juga saat Liz tertidur saat mengikuti meditasi…. Semua menggelikan.

Juga saat Liz mengikuti prosesi pernikahan sahabat barunya di India. Juga menggambarkan kalo ternyata bukan dia saja yang mengalami permasalahan dalam pernikahan…banyak!!! Teman meditasinya yang orang Amerika juga bermasalah dalam hidup dan pernikahannya.

Tradisi unik yang gue dapat di India adalah, kita tidak boleh meminum minuman botol langsung dari botolnya. Harus pakai sedotan. Karena katanya PAMALI..

Ada quote yang membekas di hati gue adalah saat Liz berinteraksi dengan sahabat meditasinya Richard dari Texas (Richard Jenski) :”Jika kamu tidak bisa menguasai dirimu, maka kamu akan selalu dalam masalah….”

BALI

I love BALI so much..!!!

Saat Liz hijrah ke Bali, gue sudah dimanjakan dengan pemandangan hijaunya tebing2 yang dipenuhi tanaman padi yang terbentang luas. Laut yang biru serta pemandangan2 lainnya yang sudah nggak usah malu2 bilang kalo BALI emang TOP BGT!

Liz kembali ke Bali untuk bertemu dengan Ketut Liyer(Hadi Subiyanto). Seorang dukun yang sudah uzur tapi polos dan kocak. Liz tertarik datang ke Bali, karena saat liburan sebelumnya, Liz bertemu Ketut dan meramal kalo kehidupannya akan bermasalah dalam 6 bulan kedepan.. dan menyuruh Liz datang lagi ke Bali untuk bertemu Ketut.(sambil menyerahkan lukisan gambar patung)

 

Lika liku kehidupan baru mulai dirasakan Liz di Bali. Kehidupan dugem yang dijabaninya sampe pagi. Bahkan liz bertemu dengan musisi dadakan saat di tempat clubbing. Sempat hampir bercinta di pantai. Namun Liz kabur… dan ada kata-kata menarik yang diucapkan pria yang kata sahabat Liz mirip STING itu adalah: “Semua orang harus punya ASMARA di BALI…” (gue suka kata2 itu. Karena bener2 terbukti hehehheheh)

 

Liz juga bertemu dengan Wayan (Christine Hakim), seorang tukang pijat yang juga bermasalah dengan perkawinanya. Wayan bercerai dengan suaminya tapi tidak mendapat warisan sedikit pun. Maka Wayan pun banting tulang untuk menghidupi anaknya.

Kata2 bijak dari Wayan yang gue suka adalah : ”Disini..Bercerai membuatmu sedih dan dikucilkan..”

Sampai akhirnya, Liz menemukan cintanya di Bali…. Dia bertemu dengan duda asal Brazil bernama Felipe (Javier Baderm). Sama-sama gagal dalam pernikahan dan akhirnya menemukan cintanya di Bali…

 

Kalo elo teliti dan cermat menonton film besutan RYAN MURPHY ini, sangat banyak makna dan filosofi yang kita dapat. Dan dari rangkuman semua kisah yang bisa gue petik adalah……

  1. Everyone has a problem… semua orang yang hidup pasti punya masalah. Jadi jangan pernah merasa kita seorang diri yang memiliki masalah hidup yang berat. No… everyone !!!
  2. Jangan pernah lari dari masalah.. hadapilah masalah seberat apapun itu. Karena setiap masalah ada solusinya. Meski Liz lari ke beberapa Negara, tapi hatinya tetap hampa. Karena masalah yang dihadapinya tetap menghantui hidupnya.
  3. Ketika kamu gagal dalam bercinta.. Jangan pernah takut untuk jatuh cinta lagi… karena sometimes if u loose balance in love, u will find balance in life…

Hingga menit terakhir film ini bergulir….. gue tidak tertidur tuh…!!!

OVER ALL..I LOVE THIS MOVIE…

 

[]


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: