Mendadak MRI (Magnetic Resonance Imaging)

Oleh Very Barus

 

Tadi sore, sekitar jam 4 waktu Bandung (emang beda gitu dgn waktu Jakarta..??? kaleee..!!), gue menjalani proses MRI alias Magnetic Resonance Imaging ato bahasa indo-nya Pencitraan Resonasi Magnetik atau kalo bahasa pasarannya SCAN gitu deh…. duh, ribet banget ya yg namanya istilah2 ilmiah… secara kita bukan ahlinya disitu…lupakan saja..!!!

Kenapa gue sampai harus ngambil keputusan untuk MRI??? Ya karena persoalan penyakit gue yg nggak tuntas2 alias nggak sembuh2 di bagian syaraf tulang ekor (syaraf kejepit). Kalo dihitung2 sudah berjut-jut duit gue keluar untuk nyebuhinnya. Mulai dari ke pengobatan tradisional, akupuntur, shinshe, obat2an tradisional yg gak jelas asal usulnya. Semua gue jabani Tapi tetap nggak sembuh. Ketipuuu..!!

Arrrggghhhhh…!!! Sialannnn…!!!!

Trus, pas lebaran kemaren, gue ketemu seorang dokter, temannya teman gue, trus gue curhat sama dia akan keluhan rasa sakit di tulang ekor gue. Trus dia nyaranin agar gue MRI aja…. sempat bingung MRI itu apa..?? gue pikir ke MERI aja (kirain nama dokternya MERI ternyata MRI)

“ati2 jangan didiemin terus lho..bisa LUMPUH..!!”

Twiiiiinggg….!!!!!

Otak gue serasa kesetrum dengar kata LUMPUH. Nggak kebayang kalo gara2 syaraf kejepit gue jadi lumpuh… omigod amit2…jangan sampe…!!!!

Akhirnya, gue membulatkan tekat untuk MRI demi kesembuhan penyakit menajiskan ini.Ada banyak pilihan sih.. MRI di Jakarta, atau di Bandung atau di Singapura… kalo Singapura jelas nggak mungkin. Ngapain juga sok anak borju MRI ke luar negeri…???

Mana biaya MRI-nya juga MAHAL (menurut gue). Soalnya kisaran harga 2 sampe 3 juta sekali MRI..mahal kan…????

akhirnya gue memutuskan untuk MRI di RS. Borromeus Bandung.

Jadi yg harus dicatat adalah: SEHAT ITU MAHAL TEMAN..!!!

Jam 4.00 WIB

Gue sudah menunggu di kursi tunggu. Menunggu giliran MRI. Gelisah? Jelas..!! karena diotak gue MRI itu masih abu2 alias belum ngerti apa yg harus dilakukan. Untung ada Blackberry, jadi rasa panik dan bingung terobati dengan bbm-an dgn teman. Ato baca2 status ‘nggak penting’ teman2 ato buka blog teman. Sampe akhirnya nama gue dipanggil dengan nama lengkap gue..(lengkap selengkap lengkapnya.maklum, sesuai KTP!…)

Jam 4.30 WIB

Gue disuruh ganti baju. Yg tertinggal Cuma underwear doang. Trus, benda2 yg berbentuk logam, besi atau apa pun yang mengandung unsur magnit dilarang masuk. Di FORMULIR yg harus diisi juga dicantumpkan persyaratan utk MRI. bagi yg punya SUSUK harus dibuka dulu tuh susuk.. mampus gak lo yg punya susuk…!!! ribet rasanya kalo elo harus bongkar susuk yg elo tanam disekujur tubuhmu…(harus ke bengkel dong!!!). tapi bagi elo yang punya SUSU, mana mungkin susu elo dicopot kan..??? pake aja deh…!!!!

Jam 4.40 WIB

Gue sudah berada di ruang MRI. Duh, serem juga sih… kayak mau dimasukin ke tabung hampa udara. Tapi atas petunjuk dokternya, gue hanya disuruh rebahan, telinga gue sumpel sama alat sumpal. Ya, seperti alat penutup telinga saat elo mau berenang.

Jam 4. 50 WIB

Setelah dikasih aba2, tubuh gue yang sudah rebahan secara otomatis masuk ke dalam tabung berukuran pas seukuran tubuh. Sumpah gue keder juga. Sempat takut kalo2 tiba2 listrik padam(kan lagi musim tuh), gimana dgn tubuh gue ya..? nggak bisa keluar dong? Secara semua alat yg dipake berfungsi secara otomatis!  Amit amit…!!!!!

“ Dok, berapa lama nih prosesnya..?”

“Cuma 20 menit kok…”

“what..??? lama amat…?”

“pokoknya bawa rileks aja. Tiduran aja..” (ya iya lah..masak gue lari2 ato guling2..?)

Jam 5: 00 WIB

Tubuh gue totally sudah berada di dalam tabung. Di dalam tabung nafas gue rada2 nggak stabil. Mungkin karena panik. Ditambah lagi suara mesin SCAN yang terdengar di dalam tabung mirip seperti suara alat musik ORGAN yang sedang dimainkan anak kecil secara acak2an. Brisik dan nggak beraturan. Pantes aja tadi disuruh pake alat penutup telinga. Meski sudah pake alat tutup telingat ternyata nggak NGEFEK cuy.!!! tetap kedengaran BRISIKNYA…

Pokoknya, selama 20 menit kepala gue dipuyengkan dengan suara2 ‘musik gak jelas’ di dalam tabung MRI. Gue berharap saja waktu 20 menit cepat berlalu biar otak gue fresh lagi…!

Jam 5:20 WIB

Penyiksaan alat pendengaran gue tuntas. Dan gue pun kembali ke ruang ganti untuk kembali berbaju lengkap. Usai rapih2, dokter ngasih kwitansi ke gue “ nih pak, bayar ke kasir ya…!!”

Dengan berat gue harus membayar biaya MRI sebesar Rp. 1.951.050. ya digenapin aja jadi 2 juta..!!!

Sempat mikir dengan angka 2 juta gue bisa terbang ke BALI dan have fun disana sampe tepar…!!! Tapi, demi kesehatan nggak apa2 deh… masak untuk kesehatan mikir…???

Akhirnya gue ke kasir dan mendapat penjelasan, kalo hasil Mri-nya baru diketahui 2 hari ke depan….

Omigosh…!!.. masih nunggu 2 hari lagi baru tau penyakit gue yang sesungguhnya..????

Semoga nggak kenapa-napa ya…!!!! amin…amin…amin….

Mari sama2 kita berdoa “NGGAK KENAPA-NAPA….!!! AMIIIINNN…!!!”

2 responses to “Mendadak MRI (Magnetic Resonance Imaging)

  • Fiqah

    Gan, kelanjutannya gimana? Ane juga kesakitan di tulang bokong sebelah kanan gitu, jalan sakit, ketawa aja sakit gan, nyeri nya sampe ke punggung gitu.. Mau MRI juga sih, tapi mending ke dokter dulu atau langsung MRI ya gan?
    Tolong dibales ya gan 🙂
    Makasih

  • Anonim

    Sehat ga mahal.. yang mahal tuh kalau udah sakit. Biaya berobat nya yang mahal

Tinggalkan Balasan

