Wisata Ke Air Terjun Sipiso Piso

Baca juga kisah sebelumnya : Tentang Anjing

Oleh Very Barus

SABTU kemaren (21/8), gue dan teman-teman melanjutkan perjalanan wisata ke air terjun SIPISO PISO. Salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi di kawasan Tanah Karo. Letaknya tidak jauh dari pemukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek (bukan Perek!), Kabupaten Karo.

Sejujurnya, air Terjun Sipiso-Piso bukan objek wisata baru dimata gue. Karena pada waktu kuliah dulu, gue pernah  KKN dan dicampakkan ke desa MEREK (Tanah Karo) . jadi setiap minggu, gue dan teman2 akan berwisata ke Sipiso Piso dengan jalan kaki. Nggak jauh2 banget sih… meski kalo dipikir2 tetep aja jauh. Karena jalan kakinya berkelok-kelok dan naik turun. Jadi ngebayangnya capek! (wakakakaka..!!! prinsi hidup yang plin plan!)

Kebetulan gue sedang berada di Medan, gue tidak menyia2kan kesempatan untuk bersilaturahmi ke Sipiso Piso. Maklum, sejak hijrah ke Jakarta, nyaris gue nggak pernah melihat Sipiso-Piso lagi. Jadi rasa penasaran yang mengkristal di benak gue harus dipecahkan. Ibarat orang ngidam, keinginan yang tidak diwujudkan bisa membuat si bayi cacat. Kalo gue kira2 apa ya..???

Eniwei…

Akhirnya gue dan dua teman yang juga datang dari Jakarta pun melakukan Trip ke Sipiso-Piso, dengan mengendarai Avanza. Perjalanan dimulai dari siang hari menuju Berastagi. Meski sudah menginjakkan kaki ke Berastagi (sebelumnya). Tapi tidak ada salahnya gue menjadi good guide bagi teman-teman gue yang belum pernah ke kawasan Tanah Karo itu. Setelah puas mengelilingi kota Berastagi yang sangat kecil itu (dalam hitungan menit saja sudah terkelilingi)

Perjalanan pun kami lanjutkan ke Kabanjahe untuk melihat keindahan air terjun Sipiso Piso. Rasa pensaran dan kangen dengan cipratan air terjun dengan ketinggian 360 kali itu, mobil pun kami pacu dengan kecepatan ala pembalap Formula 1. Tapi sangat disayangkan, memasuki kota Kabanjahe, hampir semua ruas jalan RUSAK PARAH. Edan..!!! semua jalan dihiasi dengan lubang-lubang yang lumayan mengganggu kelancaran berlalu lintas. Aneh bukan??? Apa penduduk atau pemerintah setempat tidak menyadari semua itu…?? bok ya diperbaikin dooongg!!!

Bahkan ada lubang yang sudah menyerupai kolam ikan lele. Digenangi air berwarna coklat disertai tumbuhan air menghiasai lubang ditengah jalan itu. Gue bisa membayangkan sudah berapa banyak korban yang terjatuh di kubangan ikan lele itu ya..??? HEBAT..HEBAT..!! (maksud gue hebat kebodohannya) Sepanjang jalan menuju tempat wisata Air Terjun Sipiso Piso gue dan teman2 dibuat geleng2 kepala dengan jalanan yang sangat tidak mulus itu.

Satu jam perjalanan dari Berastagi, akhirnya kami nyampe deh di Sipiso Piso. Sebelum masuk ke kawasan tersebut, kami dijegat sama petugas untuk membayar distribusi sebesar 7.500 untuk tiga orang. (murah banget ya…ongkos masuknya). Mobil kami parkirkan dan langsung mengeluarkan kamera untuk mengabadikan ke Indahan air terjun itu. Dari kejauhan airterjun tersebut sangat mempersona. Meski air yang terlihat tampak keruh alias tidak bening (maklum, Medan dan sekitarnya sedang diserang musim hujan). Jadi berpengaruh dengan air terjun itu. Terlihat tidak bening tapi sedikit kecoklatan…. tapi pemandangan itu tetap indah kok…

Tidak puas menatap dari atas, kami pun mencoba turun kebawah yang jaraknya sekitar satu kilometer. Kalau masa kuliah dulu, mau turun kebawah suka khawatir karena jalannya masih licin. Tapi sekarang sudah dibuat anak tangga jadi kita nggak perlu khawatir terpeleset. Hanya saja dibutuhkan stamina yang kuat untuk bisa mencapai ke bawah dan juga harus bisa naik ke atas juga… kalo elo perokok berat, siap-siap aja gempor dan ngos-ngossan…

Kami pun mulai menuruni anak tangga. Tapi dipertengahan perjalanan, pemandangan tidak sedap mulai terlihat. Pagar-pagar besi yang menjadi pembatas disisi sebelah kiri (jurang) mulai bergundulan. Alias pagar2 besi tersebut dirusak dan dicopot oleh tangan2 jahil. Sehingga anak tangganya terlihat tidak berseni. Gue yakin pagar besi tersebut dijual oleh orang2 yang berotak maling dan tidak mengerti arti keindahan… (pengennya si dipenjarakan saja!!)

Hingga ke dasar, kami juga melihat banyaknya sampah berserakan. Sampah bekas bungkusan makanan dan minuman ringan yang pasti dari para pengunjung. Rendahnya tingkat kesadaran untuk kebersihan disini terlihat jelas. Tidak ada tempat sampah…sehingga banyak sampah bertebaran dimana2…rasanya pengen teriak aja melihat kotornya tempat wisata itu.

Meski puas melihat indahnya pemandangan air terjun dan juga pemandangan danau Toba yang terlihat dari arah tongging, namun rasa kesal masih belum terobati dengan tingkah vandalisme orang2 yang doyan merusak cagar alam itu…

Come on guys!!!

Mari sama2 kita jaga keindahan dan kebersihan lingkungan. Terutama di tempat wisata Dimana pun itu!!!!

[]

Kisah selanjutnya di : Menikmati Keunikan Tuktuk – Pulau Samosir

Iklan

One response to “Wisata Ke Air Terjun Sipiso Piso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: