Ikrar di Langit

Oleh: Hera Herawati (Hera Ibrahim)

“Di antara hujan yang menderu
di antara dingin dan kabut tebal
di antara gema takbir dan tahlil
aku tertunduk di hadapanmu dengan
dada bergetar dan tangis yang tak mampu kutahan
kata demi kata yang meluncur
dari bibirmu adalah nyanyian sakral yang
melambungkan aku ke langit
dan tiap tanya kujawab dengan kesanggupan
yang datang dari Tuhan…”

Segalanya telah lengkap kumiliki tatkala perjalanan ini berujung pada sebuah jalan yang sungguh tak terduga. Betapa ternyata Tuhan sangat ingin memalingkan wajahku dari segala keduniawian yang semu. Karena ternyata ketenteraman yang kugenggam dapat sangat membahayakan ketauhidanku.

Wahai ketika Engkau telah berkehendak. Betapa mencengangkan cara-Mu meraihku ke dalam pusaran sang nasib. Sehingga membuatku bingung dan sulit membedakan antara takdir dengan kebodohanku sebagai insan.

Cahaya kesadaran-Mu lah yang kemudian menuntunku sehingga muncul keberanianku untuk meng-Amini kehendak-Mu. Kulepas kekritisanku dan kutanggalkan kebiasaanku menghitung untung rugi manakala menerima keputusan ini. Kujejali pikiranku dengan keyakinan penuh bahwa Engkau selalu bermaksud baik, meski dengan cara yang terkadang sulit diterima oleh akal.

Aku menyadari betapa selama ini banyak hal yang belum tersimak dengan baik oleh pendengaranku. Padahal suara-Mu senantiasa menggema di seantero semesta. Maka, sekaranglah saatnya aku menajamkan pendengaran dan penglihatan batinku, agar senantiasa mampu merasakan dan menyaksikan kehadiran-Mu pada tiap tariakan nafasku.

Akhirnya, kumulai perjalanan pengembaraanku melintasi cahaya. Kujalani dan kupatuhi segala pergulatan dan pergumulan pikiran yang cukup rumit dan melelahkan. Sambil sesekali kuberanikan diri bertanya diam-diam pada-Mu: “inikah puncak keindahan yang tak semu itu, yang kelak membawaku pada ketinggian tak terduga…? Mampukah aku menuntaskan semua ini dengan selamat…?

“Laa haula walaa quwwata illaa billahil’aliyyil adziim….” []

Tulisan ini pernah dimuat di majalah Kasyaf, Edisi Juni 2005.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: